Mengeksplorasi authentic materials untuk pembelajaran bahasa asing

Syaifudin,Mokhamad. (2008, April). Mengeksplorasi authentic materials untuk pembelajaran bahasa asing. Keynote speech at the Enlivening Language Teaching Classroom  Seminar organised by Tarbiyah Faculty, IAIN Surabaya, Indonesia.
—————————————————————————————

Graves (2000) menekankan perlunya penggunaan authentic materials dalam pembelajaran bahasa asing. Menurut dia pembelajar bahasa perlu memiliki akses terhadap contoh yg nyata bagaimana bahasa itu digunakan di dalam  kehidupan sehari-hari.  Hal ini akan memberikan  motivasi yg sangat besar, karena pembelajar bahasa akan diberi kesempatan untuk merasakan secara langsung bagaimana bahasa asing itu digunakan dalam konteks yang sesungguhnya (Guariento & Morley, 2001).

Dalam tulisan ini kita akan mencoba menggali kemungkinan menggunakan authentic materials untuk keperluan belajar dan pembelajaran bahasa Asing.

For full-length paper, please contact me

4 thoughts on “Mengeksplorasi authentic materials untuk pembelajaran bahasa asing

  1. meskipun saya belum membaca artikel sepenuhnya, tapi saya pernah didamprat oleh ustadzah saya yakni bukas, bahwa authentic material kadang tidak kontekstual dg alam kita, jadi “kita harus selektif” kata beliau. Kami waktu presentasi disuruh cari material sperti BAwang Putih Bawang merah yang nota bene susah dalam teks bahasa Inggris. Mungkin mas Udin bisa bantu untuk mencari Authentic Material yang lebih kontekstual

  2. He…He…. di satu sisi beliau mungkin benar. Yet, beliau harus nya juga sadar kalau, mau tidak mau kita belajar bahasa nya orang yg mungkin masih belum banyak dipakai di bumi pertiwi ini. Lha kalau misalnya kita bicara tentang Haiku ( dalam bahasa Jepang), yg di Indonesia saya tidak yakin punya persis semacam ini, ya terpaksa deh harus pake Haiku beneran.

    Atau kata kanlah kita bicara soal Seven Eleven, K-Mart, Lawson, Family Mart dsb yang memiliki mesin sejenis ATM dan melayani berbagai macam penjualan mulai dari ticket bioskop, kereta, bus, sampai voucher HP. nah yg begini ini adanya ya cuma dinegeri sono, setahuku di Jepang.

    Atau misalkan kita bicara soal Snow Festival. Masa gak boleh bicara SNOW?, hanya karena di Indonesia tdk ada…

    So, contextual harus, tapi bgm kita bisa memaknainya. Yg jelas kita tidak boleh menutup window of the world melalui bahasa yg kita pelajari, hny karena alasan contextual.

    Waduh bisa gak lulus nih kalau ikut kuliah beliauh🙂🙂

  3. hello sir……….

    ternyata susah juga ya mengajar bahasa asing pake authentic material!!!!!!
    tapi kalo skillnya di listening bisa ga ya??????????
    kan mostly, authentic material banyak dipake kalo sang teacher ngajar yang notabenenya cuma diseputaran reading atau vocabulary aja. nah terus kalo authentic material dipake buat listening and writing bisa ga yaaaaaaaaa???????? and bentuk materinya tu seperti apa??????

    thanks sir……….

  4. Thank you for asking…
    Authentic materials apa pun bentuknya (InsyaAllah dapat dipakai dalam pembelajaran. Nah yang perlu dilakuakn oleh seorang guru adalah memilih teknik mengajar apa yg bisa digunakan dengan memanfaatkan authentic materials. Seperti maisalnya, anda menggunakan rekaman pidatonya OBAMA untuk mengajar EFL bagi anak-anak SD ( Elemntary level. tentunya anda akan berfikir tidak mungkin krn anak-anak masih pad level elemntary sedangkan OBAMA berbicara dg berbagai kosa kata dan speed yang amat sangat natural ketika pidato.

    dalam kondisi seprtia itu anda tetap bis menggunakan rekaman pidato OBAMA untuk mengajar listening misal untuk mengajarkan anak menganal pelafalan vocabulary terntentu atau bunyi tertentu misal:
    1. tugaskan siswa anda untuk mencatat berapa kali OBAMA mengatakan kata tertentu..misal kata GARDEN, HOME dsb
    2. BIsa juga ada meinta siswa emncata tahun-tahun yg disebutkan OBAMA dalam pidatonya. sebagai latihan karena ssiwa anda baru saja belajar tentang melafkan nama-nama tahun dalam bhs Inggris,

    Semoga bisa dipahamai dan bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s