“Sulitnya” berkomunikasi online

Beberapa saat ketika memulai research online learning di Indonesia, beberapa bulan yang lalu, saya menemukan kontak beberapa orang yg terlebih dahulu bergerak di dunia online learning ini. Beberapa nama besar dr Indonesia yg mendunia benar-benar memberikan angin segar bagi saya untuk menindak lanjuti study online learning ini.

Berbekal komunikasi email. Karena saya tinggal di luar Indonesia, mulailah saya mengontak orang-orang tersebut dan juga lembaganya. Tapi setelah berminggu-minggu dan berbulan-bulan menunggu tak satupun email balasan masuk di inbox saya.

Saya pun bertanya-tanya dan saya pun coba untuk menebak-nebak apa sebenarnya masalahnya sehingga tidak ada email balasan? Saya pun khusnudzzon, mungkin email saya tidak sampai. Mengapa tidak sampai? terlintaslah dalam pikiran beberapa kemungkinan kenapa email tidak sampai:

  1. Alamat email salah
  2. Email yg saya kirim masuk spam box
  3. Pengguna sudah tidak lagi menggunakan email tersebut/ pindah email
  4. Mungkin saja beliau-beliau lagi sibuk
  5. Atau….. ????

Namun demikian setelah merenung, saya pun berpikiran sbb:

  1. Ada diantara mereka yg memberi saya email langsung jadi tidak mungkin mereka memberi email yg tdk up-to-date. Kecuali ada maksud tertentu..
  2. Saya coba berbagai mode kontak (tdk hanya email) tapi juga facebook dan social media lain dan saya pun juga lihat facebook nya tampak aktif…
  3. Saya pun kontak lembaga resmi, tapi kok tidak ada email balasan juga

Berbeda hal nya dengan ketika saya menulis sebuah email ke salah seorang penggagas taxonomy SOLO, JOHN BIGGS, beliau balas email saya hanya dalam hitungan menit. Dan beliau pun terus update saya dengan informasi-informasi baru yang dia miliki.

Akhirnya saya pun coba menenangkan diri ditengah galaunya research yg dikejar deadline… Okelah mungkin saya harus datang dan temui mereka secara langsun.

Cukup ironis juga padahal saya akan melakukan online training dan akan banyak berhubungan dengan mereka karena mereka adalah ‘tokoh’ dibidang online learning di Indonesia.

Wassalam.