MS Office Online [Chrome Add-on]

Hari ini mendapat kabar bahwa chrome 36 sudah hadir maka segera saja saya download. Sambil menunggu process update yg dilakukan google chrome yg berlangsung selama beberapa menit, saya membaca disebuah laman yg menyebutkan bahwa sudah tersedia add-on bagi google chrome untuk mengakses Microsoft office online.

Oleh karena itu, begitu update google chrome selesai dan kemudian saya pun merestart nya, segera saya cari add-on tersebut di google webapps store. Tak sulit mencari nya, cukup dengetkkan kata microsoft word, atau powerpoint, ataupun one note. Begitu ketemu langusng saya pun melakukan proses instalasi ketiga add-on tersebut. Begitu add-on terinstal mulailah saya coba dengan menklik ikon apps yg tersedia di sebelah kiri jajaran tombol bookmarks di google chrome. Kemudian ikon-ikon word, powerpoint dan oneonet akan terlihat disana. Aplikasi ini tidak jauh beda dg versi offline nya yg terinstal di computer kita khususnya dengan Microsoft office versi 2013.

word_online

Yang paling menarik adalah kini kita tidak perlu lagi membawa-bawa computer pribadi yg terinstal dg Microsoft office. Cukup hanya dengan berbekal browser baik itu di desktop komputer, laptop, tablet, ataupun mobile device yg lain, kita pun seduha bisa melakukan perkerjaan untuk mengolah kata, mebuat slide presentasi, dan yg paling menarik adalah mebuat catatan dg ‘onenote”. Disamping itu kita juga tidak perlu disibukkan dengan mebawa-bawa portable storage semacam USB drive atau portable hardisk, karena semua file kerja kita tersimpan secara online di cloud storage milik Microsoft yaitu ‘ONE DRIVE’ yg bias diakses kapan saja dan dr mana saja selama ada koneksi internet. Plus, dengan mudah kita ajak org untuk sekedar melihat file, ataupun melakukan kerja bareng untuk mengedit file kita yg tersimpan online di one drive.
Yang menggelitik saya sebagai seorang educational technologist adalah bagaimana kemudian fitur-fitur yg ditawarkan oleh microsoft office online bisa di integrasikan didalam kegiatan pembelajaran? Skenario-skenario apa yg bisa kita buat dan lakukan agar fasilitas ini dapat efektif untuk membelajarkan peserta didik kita? Keuntungan dan kerugian apa yg mungkinn ditimbulkan oleh fasilitas-fasilitas seperti ini?
Mungkin khadiran office online ini agak terlambat disbanding pendahulunya semacam Google Drive atau Zoho, tapi setidaknya akan meramaikan pasar cloud-based office apps dan memberikan kita lebih banyak pilihan untuk mempermudah kita dalam bekerja dan berkarya dg memanfaatkan komputer