Online WhiteBoard and CorkBoard

Berawal dari kegalauan saya untuk memindah sticky notes, yang ada di desktop windows 7 saya, saya mulai mencari-cari bagaimana seandainya sticky notes yg merupakan light-bulb moments bagi saya itu bias dibawa kemana-mana? Makasa saya pun mencoba mencari tahu..lewat google tentunya dg memasukkan kata web based sticky notes. Surprisingly ternyata sudah banyak aplikasi web 2.0 yang dibuat orang untuk keperluan sticky notes on the cloud.

Masalah kita atau pertanyaa kita bukanlah Cuma kita saja yg memiliki jutaan manusia diluar sana mungkinjuga memilikinya. Contoh kasus sticky note ini….bla…bla..bla..

Langsung saja kita lihat beberapa ‘Online Board’ dibawah ini:

  1. Salah satu cloud-based sticky notes ataubisa juga berfungsi sebagai online interactive whiteboard. Dimana kita bisa langsung berkolaborasi dengan org lain secara online. Dg fasilitas ini seolah-oleh kita bersama mengerjakan suatu pekerjaan diatas kertas atau papan tulis, hanya saja dari jarak yang berjauahan. Banyak fasilitas yang disediakan oleh padlet.com ini. Diantaranya ‘instant’ sharing whiteboard kita tanpa perlu sign up atau register. Namun demikian akan sangat bermanfaat sekalai bila kita memiliki akun disana karena dengan mudannya kita akan menyimpan hasil kerja kelompok kita disana.

  2. Dibuat dengan maksud yang tidak berbeda dengan padlet.com hanya saja stormboard ini menghendaki kita untuk melakukan registrasi dulu sebelum kita diberi hak akses untuk dapat memanfaatkan fitur blackboard sharing yg ada disana.
     Yang menarik disini adalah terdapat juga fitur chatting yang bias digunakan untuk komunikasi synchronous tentunya. Sehingga dengan fiture ini kolaborasi dapat dilakukan dg lebih optimal.

Sticky Notes:

Laman berikut ini lebih berfungsi sebagai sticky notes memang.

Bayangkan ada sebuah pinbord di tempat kerja kita, di kelas atau di kantor dimana kita meletakkan kertas pengumuman undangan atau apa saja dg cara menancapkan paku pin di kertas-ketas tadi. Bedanya sticky notes kali ini berbentuk virtual dan bisa di bagikan dengan orag lain.

  1. http://en.linoit.com/
  2. http://primarywall.com/

yang kita lihat diatas tentunya hanyalah sebuah alat. Lalu bgaiaman kemudian alat-alat itu bisa bermanfaat untuk kegiatan kita sehari-hari. Bagi guru dan siswa tentunya perlu dipikirkan bagaimana alat-alat itu akan bermanfaat untuk kegiatan Belajar mengajar