ERROR DELETING REGISTRY KEYS – WINDOWS 7

Sudah beberapa minggu ini, workstation di kantor diganggu oleh PuP (potentially unwanted program) yang muncul dengan nama Omiga dan PC Optimizer. Program ini tampaknya mencoba mengalihkan browser kita ke search engine tertentu sekaligus menambahkan link-link iklan tertentu di setiap browser yang kita buka. Dengan demikian tentu browser kita akan terlihat sangat ramai bila program inin tetap berjalan. Yang lebih mengkhawatirkan adalah apabila, program ini mencoba mencuri informasi login dan password yang seringkali tentunya kita masukkan ke web-web tertentu. Karena program ini tampaknya hidup di dalam browser kita maka kekhawatiran akan pencurian informasi yg kita masukkan lewat browser menjadi cukup beralasan.

Tanpa ingin mencari lebih banyak informasi tentang PuP jenis ini saya pun coba untuk ‘meremove‘ mereka dengan antivirus resmi yanga ada di workstation saya. Tapi sayangnya meski antivirus berhasil mengkarantina beberapa adware dan malware, tetapi beberapa hari kemudian PuP ini muncul lagi. Lalu kemudain saya coba untuk ‘menghilangkan’ PuP itu dengan cara mengotak atik registry. Yang pertama saya lakukan adalah menjalankan registry editor (regedit.exe) dan begitu regedit terbuka mulailah saya cari PuP ini denganmengetikkan ‘omiga’ dan ‘optimizer pro’ pada menu ‘FIND”.

Untuk mendapatkan menu ‘FIND’ ini saya klik kanan pada KeyName HKEY_CURRENT USER dan setelah itu pada HKEY_LOCAL MACHINE. Begitu kedua prohram tadi terlhat lagsung saja saya hapus registry key nya. Tapi sayang ketika sampai pada beberapa key yang mengandung nama ‘OMIGA’ dan ‘OPTIMIZER”, registry key tersebut tidak bisa dihapus. Ada pesan error yang muncul.

Mendapati kejadian yang seperti itu mulailah saya googling dan menemukan cara mengatasi pessan error tadi dengan jalan mendownload sebuah program yang bernama RunAsSystem. Cukup download, extract dan jalankan.

Begitu RunAsSystem ini jalan, makan kemudian saya jalankan regedit seperti pada gambar dan melakukan prosedur pencarian ‘OMIGA’dan ‘OPTIMZER’ seperti datas. Begitu ketemu langsung bisa di delete tanpa harus mendapatkan pesan error lagi.